Idealitas Aksi Pemuda dalam Masyarakat Modern (Tinjauan Kritis dalam Memperingati Sumpah Pemuda)

-Artikel ini dilombakan dalam Article and Blog Competition HIMA ADP UNY 2011

Sumpah Pemuda

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Janji yang diikrarkan oleh pemuda Indonesia dalam menghadapi penjajahan. Para pemuda berjuang untuk bangsa Indonesia agar dapat mencapai kemerdekaan Indonesia. Tak kenal lelah, tak pantang menyerah, mereka adalah pahlawan bangsa. Sumpah pemuda merupakan hal yang menyatukan pemuda Indonesia. Menjalin kerjasama dan gotong royong untuk mengusir penjajah yang telah lama berdiam di negara kesatuan Indonesia. kemerdekaan yang diraih merupakan puncak kemenangan pemuda Indonesia dan bangsa Indonesia.

Setelah kemerdekaan, pemuda Indonesia dituntut untuk mengisi kemerdekaan. Aksi-aksi yang dilakukan pemuda diharapkan mampu mengisi kemerdekaan. Pada tahun 1998, pemuda Indonesia bersatu untuk menggulingkan rezim orde baru. Itulah aksi pemuda yang berani untuk merubah. Reformasi merupakan puncak aksi pemuda (terutama mahasiswa) Indonesia yang ingin perubahan dalam sistem pemerintahan. Namun sekarang, jarang terdengar aksi pemuda yang mampu mengguncang Indonesia.

Pemuda sekarang, apakah tahu makna dari sumpah pemuda?. Sedikit yang tahu tentang makna yang terkandung dalam sumpah pemuda. Pemuda sekarang yang sering mengadakan aksi-aksi di daerah untuk mengkritisi pemerintahan secara nasional. Sangat jauh dari harapan, mereka tidak bersatu dalam satu kesatuan tapi mereka bersatu didaerahnya sendiri. Hal ini sangat disayangkan, karena pemuda Indonesia telah terpecah-pecah dalam lingkaran daerah.

Persatuan pemuda Indonesia sekarang ini sangat miris, terlihat banyak tawuran pelajar, dll. Pemuda sekarang yang lebih mengarah pada sampah pemuda yang tidak menjunjung tinggi arti sumpah pemuda. Para pemuda hanya bersatu untuk kepentingan kelompok saja, tidak mementingkan keberlangsungan persatuan pemuda Indonesia. Aksi-aksi, tawuran yang tidak ada artinya, kenapa sering terjadi? Apa yang salah dari pemuda ini?.

Aksi permuda yang suka dengan demo, mengkritisi tetapi tidak solutif. Hal ini sama artinya mereka adalah sampah pemuda yang dibenci oleh masyarakat luas. Generasi muda harusnya mengisi kemerdekan ini dengan persatuan, bukan dengan perkelahian, perselisihan, aksi-aski yang tidak jelas, tak solutif.

Sumpah pemuda yang seharusnya dalam masyarakat modern  bermakna sangat luas, apalagi Indonesia telah merdeka. Pemuda harusnya mengisi kemerdekaan dengan aksi-aksi yang bermanfaat dan solutif. Selain melakukan aksi demo/aksi lapangan, pemuda juga melakukan aksi intelektual. Pemerintah juga tidak ingin pemuda Indonesia menjadi arogansi, anarkhi. Pemerintahn ingin pemuda mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan persatuan. Memang aksi lapangan dapat disebut sebagai persatuan akan tetapi harus dapat mengarah pada solusi bukan mengkritisi saja.

Sekarang ini, aksi lapangan dengan aksi intelektual haruslah dapat seimbang dalam menghadapi permasalahan maupun isu-isu yang ada. Aksi intelektual adalah aksi untuk melakukan kajian tentang problematika yang ada, lalu dicarilah solusi yang tepat. Keseimbangan antara aksi lapangan dengan aksi intelektual akan mampu menghadapi berbagai persoalan yang terjadi dengan baik. Hal ini dikarenakan peran pemuda terhadap pemerintah sangat besar untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

Hidup Pemuda Indonesia…………….!!!

Hidup Indonesia……………………….!!!

Leave a comment