Kaca Dunia Bilateral Bagi Indonesia dan Maroko

Bilateral yang mendasari sebuah hubungan yang dijalin antara dua negara di dunia. Indonesia dan Maroko merupakan negara yang menjalin hubungan (bilateral) di berbagai bidang. Kedua negara tersebut telah lama menjalin hubungan bilateral sebelum kemerdekaan Maroko. Indonesia yang mendukung negara-negara Afrika Utara yang memimpikan sebuah kemerdekaan. Maroko merupakan salah satu negara yang ingin kemerdekaan setelah dijajah oleh kolonial perancis. Perjuangan rakyat Maroko dan dukungan dari berbagai negara termasuk indonesia, pada akhirnya Maroko menjadi negara yang merdeka. Karena hubungan yang telah terjalin sebelumnya, indonesia adalah negara yang pertama mengadakan kunjungan kenegaraan di Kerajaan Maroko. Hal ini membuat hubungan bilateral antara kedua negara tersebut semakin erat.
Kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan Maroko yang awalnya hanya di bidang politik. Untuk meningkatkan kerjasama antar kedua negara, maka Indonesia dan Maroko menjalin hubungan di sektor lain (ekonomi, sosial dan kebudayaan). Hubungan yang semakin terjalin dengan rapi membuat kedua negara semakin kokoh dalam bilateral. Dalam bidang politik, Indonesia dan Maroko merupakan penganut kebijakan moderat. Organisasi internasional menjadi labuhan Indonesia dan Maroko untuk menjalin hubungan bilateral dengan negara-negara lain. Berdirinya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Maroko merupakan tonggak hubungan diplomatik antara kedua negara semakin penting.
Pemerintah Indonesia dan Maroko menjalin hubungan bilateral di bidang sosial kebudayaan. Pertukaran pelajar dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan ke Maroko maupun mahasiswa Maroko yang ingin melanjutkan studinya di Indonesia. Hal ini sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan kerjasama bilateral. Pertukaran tersebut lebih didominasi pendidikan di bidang keagamaan. Indonesia merupakan negara yang penduduknya muslim terbesar sehingga memungkinkan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar maupun mahasiswa yang ingin memperdalam ilmunya terutama agama. Kebudayaan-kebudayaan antar kedua negara sangat unik. Hubungan yang terjalin lewat kebudayaan merupakan salah satu upaya pelestarian dan memperkenalkan kebudayaan yang ada di kedua negara. Efektifitas untuk memperluas kebudayaan negara dapat dirasakan apabila setiap negara mengerti pentingnya kebudayaan yang menjadi ciri khas suatu negara. Seperti pada peringatan 50 tahun kerjasama bilateral kedua negara dengan menampilkan kebudayaan-kebudayaan masing-masing negara.
Perekonomian merupakan salah satu bidang yang dijalin oleh Indonesia dan Maroko. Peningkatan kerja sama di bidang ekonomi lebih ditekankan pada keseimbangan mutualisme. Komoditas ekspor dari Indonesia ke Maroko didominasi oleh furniture, karena kualitas furniture buatan Indonesia baik. Indonesia mengimpor fosfat dari Maroko, karena Maroko merupakan penghasil fosfat terbesar. Saat ini produk fosfat sangat dibutuhkan bagi pengembangan proyek pembudidayaan tanaman kelapa sawit di Indonesia yang antara lain juga akan diproses menjadi alternatif pengganti bahan bakar minyak (BBM) mengingat cadangan minyak setiap tahun cenderung menurun, sementara harga BBM secara global terus meningkat. Hal itu membuat kedua negara surplus dalam kerjasama perekonomian. Peningkatan kerjasama di bidang ekonomi menjadi hal penting untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia dan Maroko.
            Peranan Indonesia dan Maroko di kancah Internasional sangat besar. Adanya pergolakan di beberapa negara Afrika dan Timur Tengah seperti Yaman, Tunisia, Mesir, dll.  Apalagi negara-negara tersebut merupakan penghasil minyak terbesar sehingga apabila terjadi sesuatu di negara tersebut maka akan berdampak pada dunia. Salah satu dampaknya adalah hubungan bilateral yang terhambat. Kepedulian akan pentingnya sebuah kerjasama menjadi terpinggirkan karena terjadinya pergolakan. Sangat disayangkan ketika kerjasama yang telah dijalin terhampat atau terputus begitu saja tanpa ada kelanjutannya. Peranan Indonesia dan Maroko dalam menghadapi pergolakan tersebut sangat besar. Walaupun memang integritas suatu negara dalam masalah nasionalnya harus diselesaikan sendiri, akan tetapi tetap ada pendampingan dari organisasi internasional. Pendampingan tersebut guna mengembalikan bilateral antar negara.
            Kaca dunia bilateral sangat kompleks dan mendasar untuk menjalin sebuah hubungan antar negara. Melihat dari pentingnya sebuah kerjasama, Maroko selalu bersikap positif terhadap Indonesia dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di tanah air. Hal ini harus dijaga agar hubungan antara Indonesia dan Maroko semakin baik. Bersikap positif terhadap segala perkembangan yang terjadi di negara masing-masing. Indonesia membutuhkan Maroko, begitu juga Maroko membutuhkan Indonesia. Sebuah cerminan yang baik bagi setiap negara terutama Indonesia dan Maroko yang telah menjalin hubungan yang berkesinambungan. Perbaikan bahkan peningkatan di beberapa bidang kerjasama dapat memberikan pengaruh yang besar kedua negara. Memang sangat penting Indonesia menjalin kerjasama dengan Maroko.
            Dasar bilateral dalam kancah internasional harus lebih diutamakan. Hubungan antara south-south termasuk didalamnya Indonesia dan Maroko, harus terjalin keharmonisan dalam kerjasama. Bentuk kerjasama ‘triangular” yaitu Selatan-Selatan dengan negara/lembaga dari Utara, sehingga dapat memperluas dan memperdalam upaya ‘sharing of knowledge/experience/ information’ tidak hanya antara Selatan-Selatan tetapi juga dengan negara/lembaga yang telah lebih maju. Penekanan kerjasama di dalam relasi antar negara sangat diperlukan untuk menunjang berbagai bidang. Peningkatan di segala sektor baik industri maupun yang lain.
            Relasi bilateral maupun multilateral akan menjadi semangat dalam peningkatan capability dan quality di setiap bidang. Indonesia dan Maroko merupakan contoh yang baik untuk nengara-negara di dunia. Kerjasama yang di jalin dari sebelum Maroko merdeka sampai sekarang menjadi bahan pertimbangan negara-negara di dunia untuk menjalin kerjasama seperti Indonesia dan Maroko. Kerjasama yang dilakukan diberbagai bidang membuat semakin erat relasi kedua negara. Kepentingan antar negara dapat dipikirkan bersama untuk menyejahterakan masyarakat. Sebuah hal yang mulia ketika dalam kerjasama saling memberikan keuntungan yang berkesinambungan. Perdamaian dunia dapat terjaga dengan menjalin kerjasama yang baik tanpa peperangan atau pergolakan.

 

Leave a comment